ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Bangga Jadi Orang Indonesia (Marvell Technology Group)

Bila sebelumnya kita mengenal Qualcomm Snapdragon atau TI OMAP 3 dan Samsung Hummingbird yang berbasis ARM Cortex A8 sebagai processor tercepat yang menjadi “otak” dari generasi smartphone “high end” terkini seperti Toshiba TG01, Samsung i8910 HD, Sony Ericsson Satio, Nokia N900, HTC Touch HD 2, Palm Pre ataupun Apple iPhone 3Gs, maka sebentar lagi bersiaplah akan kehadiran processor mobile yang lebih cepat dan canggih lagi.
Baru-baru ini Marvell, sebuah perusahaan pembuat chip processor yang bermarkas di California, Amerika Serikat, memperkenalkan keluarga mobile processor terbarunya yang diberi nama ARMADA(sebuah nama yang cukup familiar bagi orang Indonesia menurut saya) yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone/PDA, smartbook maupun netbook. ARMADA sendiri adalah processor yang dirancang dengan sistem SOCs(system on chip) yang setara dengan kemampuan motherboard pada PC dengan adanya processor utama, processor grafis, dan I/O chipset yang dikemas hanya dalam 1 chip processor multi core. ARMADA dirancang memiliki fungsi dan kemampuan yang sangat kompleks seperti komputasi, mobile broadband, multimedia dengan optimalisasi video/audio codec(termasuk kemampuan HD video recording and playback) dan input/output(USB, Ethernet, SATA, PCIe, Flashcard reader, dsb). ARMADA juga kompatibel dengan memori populer sub-sistem seperti jenis DDR2 atau DDR3.
Secara fisik, ARMADA adalah processor berjenis ARM Cortex A8(sejenis dengan TI OMAP 3430 atau Samsung Hummingbird) dilengkapi dengan co-processor multimedia MMX2 yang memiliki kecepatan sampai 1,2GHz serta memiliki konsumsi daya sangat rendah karena dibuat pada proses 55 nanometer.
Keluara ARMADA mendukung sistem operasi utama yang digunakan di seluruh konsumen dan pasar seperti Microsoft Windows Embedded CE, Windows Mobile, Google Android, Symbian, Linux, Maemo, Ubuntu, dll.
SIAPA MARVELL?

Ini ada sedikit cerita tentang Marvell. Dulu pada saat Intel mengumumkan bisnis chip mobile-nya dibeli oleh Marvell Technology Group, banyak orang yang bertanya siapa Marvell?
Marvell adalah sebuah perusahaan berusia 11 tahun di Santa Clara, California.
Tak disangka, bisnis chip yang kemudian dikelola oleh Marvell ini secara nyata telah sukses menempati pangsa pasarnya sendiri dan tentunya sukses pula menghasilkan pundi-pundi uang bagi pembuatnya. Siapakah otak penggerak kesuksesan Marvell? Jawabannya adalah sepasang suami istri asal Indonesia, Sehat Sutardja (45) dan istrinya Weili Dai (44).
Pasangan ini menghabiskan waktu bepergian dengan pesawat jet mengunjungi berbagai negara untuk bertemu dengan 1.400 karyawan mereka serta mengunjungi para pelanggan.
“Kami sedikit mirip dengan perusahan seperti Hewlett-Packard. Namun kami juga menyukai Intel. Ketangguhan Intel di bawah kepemimpinan Andrew Grove, membuat beragam produknya menggema dan sukses di pasaran,” kata Sutadrja seperti yang dikutip dari Forbes, Selasa (12/5/2009).
“Chip tak hanya turut membangun Marvell namun bisa disebut sebagai pencetak uang juga,” kata Sutardja sambil tertawa.
Sebagai Kepala Eksekutif dan Kepala Operasional, baik Sutardja dan Dai, mengemukakan ambisi mereka untuk lebih memajukan perusahaan. Dia beserta istri dan adik termudanya, Patan adalah miliarder yang memiliki saham di Intel sebesar 22 persen.
“Kami ingin menjadi Texas Instruments berikutnya,” kata Sutardja.
Marvell telah mendominasi setiap pasar yang telah mereka pilih, keunggulan mereka adalah menawarkan produk berdesain superior dengan harga premium. Produknya mampu mengalahkan pesaing mereka yaitu Texas Instruments dan Broadcom di pasar komunikasi seperti radio Wi-Fi dan Ethernet port.
Chip besutan Marvell sangat mudah ditemukan pada Cisco switch, Apple iPod, Xbox 360, smartphone, PDA atau di dalam disk drive produk perusahaan besar lainnya. Dengan bekerjasama dengan Intel, Marvell nampak semakin hebat dan bisa mensejajari Qualcomm, Freescale Semiconductor dan TI. Marvell terus berkembang setiap kuartalnya sejak penjualan saham mereka ke publik pada 2000 silam dan kini saham mereka meningkat hingga lima kali lipat.

Kabar terakhir yang saya terima, saat ini Marvell adalah produsen processor ponsel berjenis ARM terbesar di dunia. Dan khususnya untuk produk Marvell ARMADA ini telah memenangkan lebih dari 50 penghargaan tingkat dunia.

Berikut ini beberapa ponsel yang menggunakan processor buatan Marvell yang saya tahu(dan yang beredar di Indonesia tentunya):
– Samsung i780(Marvell PXA310 624MHz)
– Samsung i900 Omnia(Marvell PXA312 624MHz)
– Asus P565(Marvell PXA930 800MHz)
– Asus P552w(Marvell PXA930 624MHz)
– BlackBerry Bold 9000(Marvell PXA930 624MHz)
– BlackBerry Storm 9500(Marvell PXA930 624MHz)
– BlackBerry Bold 9700/BlackBerry Onyx(Marvell PXA930 624MHz) -> segera beredar setelah Gemini.

21 October 2009 - Posted by | Teknologi

Sorry, the comment form is closed at this time.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: