ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Bawang Putih Tunggal, Rahasia Kaisar Cina

Khasiat bawang putih memang telah dikenal sejak jaman dahulu. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan , bawang putih juga baik untuk mengatasi kedinginan, batuk, flu, astma, tekanan darah tinggi, selulit, gangguan peredaran darah, bengkak akibat cairan dan infeksi kandung kemih.

Bawang putih mengandung komponen sulfur dan iodin yang bersifat desinfektan dalam darah sehingga peredaran darah menjadi lancar. Bawang putih juga mampu berfungsi sebagai ekspetoran atau pengencer dahak.
Mengkonsumsi bawang putih secara teratur akan memperkuat sistem pertahanan dan kekebalan tubuh.

Bawang putih “tunggal” , bagi kaisar China dulu sudah tidak asing lagi. Kaisar selalu menyimpannya, karena dibutuhkan setiap saat.
Yaitu dipakai untuk ramuan jamu yang menguatkan daya tahan seksualnya.
Sehingga dengan memakai ramuan dari bawang putih tersebut, kaisar China mampu menggauli selir-selirnya setiap malam.

Caranya :
ƒ{ Ambillah bawang putih tunggal secukupnya. Kemudian diparut untuk minuman sebagaimana layaknya membuat kopi.
ƒ{ Sediakan air panas dan masukan parutan bawang putih tersebut dan campurkan dengan gula/madu untuk menghilangkan rasa baunya.
ƒ{ Lakukan dalam seminggu dua kali.

Khasiat Bawang Putih

Bawang putih biasanya banyak digunakan sebagai bumbu. Namun, sebagian orang percaya bahwa bawang putih (allium sativum) juga dapat menjaga stamina tubuh dan mengobati berbagai penyakit.
Bahkan, orang Cina yang menyebutnya sebagai suan dan orang Jepang kuno menamakannya hiu atau ninniku (sebutan orang Jepang moderen), telah menggunakannya sejak ratusan tahun lalu untuk memelihara setamina tubuh.
Dan , pada jaman Mesir kuno, para pekerja yang membangun piramida telah mengkonsumsi bawang putih sebagai program dietnya.

Menurut Dr Ir Ingrid S Waspodo MSc, bawang putih memang berkhasiat untuk memelihara kesehatan tubuh. Karena, mengandung salah satu zat bernama alisin.
Alisin tergolong zat yang memiliki kekuatan antibiotik untuk melawan baksil dan kuman-kuman penyebab penyakit seperti difteri, tuberkolosis, tifus, disentri, dan gonore. Dibanding penisilin, satu miligram alisin mempunyai kemampuan sebanding dengan 15 unit standar penisilin. Selain itu, bawang putih juga dipercaya dapat menguatkan stamina, karena memiliki kandungan B1.

Makan bawang putih yang telah direndam di dalam madu terlebih dahulu. “Makan bawang putih yang telah di rendam di dalam madu selama dua minggu, dijamin bagus bagi kesehatan, apalagi bagi yang sudah berkeluarga, dijamin menambah kebahagiaan keluarga “.

Sebelum di konsumsi, bawang putih yang bersiung tunggal (bawang lanang) terlebih dahulu direndam madu dan dimasukkan dalam botol kaca yang ditutup rapat. Setelah direndam selama dua minggu bawang putih tersebut dapat dikonsumsi, setiap harinya cukup satu biji. Selain dapat meningkatkan stamina, mengkunsumsi bawang dapat berkhasiat sebagai anti inveksi bagi tubuh.

Manfaat minum air putih dan bawang putih dibenarkan kan oleh dr. Indarsih, staf Klinik Holystik di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen. Menurut dr, Indarsih, minum air putih sangat penting sekali, karena 80% tubuh manusia terdiri dari air.

Jatah minum air putih bagi manusia normal idealnya minimal 2 liter sehari atau 8 gelas dalam sehari. Apa yang terjadi bila tubuh kekurangan air ? tubuh akan mengalami dehidrasi. Pada tingkat dehidrasi yang parah, tubuh akan menyeimbangkan diri.

Caranya…? Dengan jalan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri, yakni dari darah. Darah yang disedot komponen airnya, akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka sirkulasinya menjadi kurang lancar, dibanding darah yang encer. Akibatnya saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah), ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.

Karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni akan berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal.

Nah, saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya menjadi agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental), maka serangan stroke bisa lebih cepat datang. Sekarang tinggal anda pilih: melakukan “investasi” dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari atau “membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.

Kenapa harus air putih, bagaimana bila mengkonsumsi minuman lainnya? dr. Indarsih menjelaskan, air putih jelas lebih baik, karena bebas dari zat-zat yang memungkinkan bisa mengganggu kesehatan. Sedang minuman lainnya, apalagi minuman bersoda memiliki efek samping pada peningkatan kolesterol dan kemungkinan dapat menganggu liver.

Yang tak kalah penting dari air putih adalah bawang putih, selain sebagai anti inveksi bagi tubuh, ditambahkan oleh dr. Indarsih, bawang putih dapat mengantisipasi penggumpalan kolesterol dalam pembuluh darah. Sedangkan madu berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan dan menambah vitalitas. Kenapa bawang putih harus dicelupkan dengan madu, menurut dr. Indarsih, karena untuk mengurangi aromanya yang menyengat. “Bila telah direndam dengan madu terlebih dahulu akan dapat mengurangi iritasi pada lambung” jelas dr. Indarsih

27 July 2010 - Posted by | Kesehatan

Sorry, the comment form is closed at this time.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: