ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Seleb Berotak Encer

Mungkin sudah rahasia umum kalau selebirits punya stereotip (maaf) bodoh. Tapi di antara sekian selebritis, ada yang memang cemerlang. Mereka juga menghargai ilmu pengetahuan dan tak silau dengan gemerlap dunia hiburan. Banyak dari mereka mengenyam pendidikan di sekolah dan program studi prestisius.

Contoh paling gampang mungkin Queen. Brian May sempat ambil PhD bidang Physics and Mathematics di Imperial College London dan menulis paper tentang interstellar dust in solar system. Sementara John Deacon mendapat First Class Honours Degree in electronics dari Chelsea College. Di awal terbentuknya Queen, audisi dilakukan di ruang dosen Imperial College.
Greg Graffin, vokalis dan gitaris Bad Religion, meraih double major di UCLA bidang antropologi dan geologi lalu melanjutkan master di UCLA dan PhD di Cornell. Disertasinya cukup gahar, “Evolution, Monism, Atheism and the Naturalist World-View: Perspectives from Evolutionary Biology,” dan setahu saya, saat ini ia juga “nyambi” mengajar life sciences di UCLA.

Rage Against The Machine, band rap metal dengan lirik politis-bombastis, digawangi gitaris Tom Morello dan drummer Brad Wilk. Keduanya dari Harvard. Rivers Cuomo, pentolan band Weezer, juga lulusan Harvard dengan predikat Phi Beta Kappa. Sedangkan Alicia Keys lulus sebagai valedictorian (straight A/GPA 4.0) di usia 16 tahun dan mendapat beasiswa di Columbia. Vanessa Carlton dan Anna Paquin (The Piano, X-Men) juga studi di universitas yang sama.

Dan selain tersebut di atas, banyak juga musisi kenamaan lain jebolan sekolah prestisius Berklee College of Music di Massachusetts, seperti Meredith Brooks, John Petrucci, Steve Vai, Diana Krall, John Mayer, dan masih banyak lagi.

Di dunia layar lebar, aktris favorit saya, Jennifer Connelly, sempat masuk ke Yale selama 2 tahun sebelum transfer ke Stanford. Bidang studinya? Quantum physics and philosophy. Di Stanford ia juga melatih kegiatan teater klasik. Selain pintar, Jennifer juga fasih berbahasa perancis, italia, dan sedikit bahasa jepang.

Meryl Streep dulunya dikenal sebagai murid cerdas dan berbakat. Ia diterima di Vassar college (sekolah prestisius khusus perempuan) dan mendapat kesempatan Honours Exchange Program di Dartford College. Ia kemudian melanjutkan studi di Yale dan berteman dengan Sigourney Weaver. Sebelum masuk Yale, Weaver sendiri adalah lulusan Stanford. Claire Danes, lawan main DiCaprio di Romeo & Juliet, juga sempat kuliah di Yale selama 2 tahun, namun tak diselesaikan.

Tahu Jodie Foster? Ia sudah fasih membaca di usia 3 tahun dan di usia 14 tahun sudah lancar berbahasa perancis. Ia lulus dari high school sebagai valedictorian dan lulus magna cum laude dari Yale. Foster juga mendapat honorary degree dari Smith College serta honorary doctorate dari Yale dan University of Pennsylvania. Walau tak pernah mengambil kelas/kuliah akting, Foster meraih dua Oscar sebelum usia 30 tahun.

Matt Damon, sohib Ben Affleck, lulus straight-A hingga memenangkan beasiswa ke Harvard. Damon keluar walau hanya kurang 12 SKS untuk lulus dari Harvard. Damon dikenal sebagai aktor yang cerdas dan selalu punya “plan B.” Jonathan Taylor Thomas, aktor sitkom yang mungkin kurang terkenal di sini, juga lulusan Harvard. Ia juga sempat menghabiskan waktu setahun di St. Andrews University, tempat Pangeran William kuliah.

Mira Sorvino juga lulusan Harvard dengan predikat magna cum laude. Tesisnya memenangkan penghargaan Harvard Hoopes. Ia juga fasih berbahasa mandarin dan perancis. Natalie Portman lulusan Harvard juga. Ia pernah jadi dosen tamu di Columbia serta bisa berbahasa perancis, jepang, jerman, dan arab.

Masih dari Boston, Will Smith dulu pernah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di MIT karena skor SAT-nya sangat tinggi. Sayang tawaran itu ditolak. Sementara lawan mainnya di Men in Black, Tommy Lee Jones, adalah lulusan cum laude dari Harvard. Selama di Harvard, Tommy sekamar dengan Al Gore dan masih bersahabat karib hingga saat ini.

Tak banyak yang tahu kalau Kevin Costner lulusan California State University at Fullerton bidang bisnis. Setelah lulus, Costner sempat jadi marketing di Orange County. Adam Sandler, yang tampangnya “kurang meyakinkan,” sebenarnya lulusan NYU. Dan yang lebih terlihat culun, pemeran Russ dalam serial Friends, David Schwimmer, sebenarnya adalah lulusan Northwestern.

Superman (Christopher Reeve) juga pernah belajar di Cornell. Di tahun terakhir, Reeve diterima di sekolah prestisius Julliard School of Performing Arts. Hanya dua orang yang diterima waktu itu: Reeve dan Robin Williams—-yang kemudian menjadi sahabat karibnya.

Fox Mulder (X-Files) alias David Duchovny juga tak kalah outstanding. Duchovny memenangkan beasiswa di Collegiate School, sekolah elit di Manhattan. Duchovny melanjutkan studinya di Princeton. Karena prestasinya, ia mendapat beasiswa master dan PhD di Yale. PhD-nya tak diselesaikan karena menurutnya lebih menguntungkan jadi “agen FBI” daripada professor.

Suka nonton Alias? Tahukah Anda kalau Jennifer Garner adalah lulusan Denison University bidang chemistry dengan penghargaan Pi Beta Phi? Ia sempat punya keinginan untuk melanjutkan studi di Yale, namun kemudian memilih untuk menjadi artis.

Di dunia modeling, Brooke Shields, mantan istri Andre Agassi, adalah lulusan Princeton bidang french literature and italian. Brooke Burke, MC kontes Rock Star dan model Playboy 2001 dan 2004, juga pernah belajar di UCLA untuk bidang broadcast journalism.

Cindy Crawford juga lulus valedictorian dan dapat beasiswa chemical engineering di Northwestern. Konon karena sibuk pemotretan, Cindy sempat bolos ujian kalkulus dan datang ke ruang dosen untuk mengambil susulan. Walau di assignment sebelumnya selalu dapat nilai tinggi, dosen tak percaya itu kerja Cindy. Ujian susulan diadakan langsung di situ dan diselesaikan dengan baik. Masih belum puas, dosen mengganti soal dan Cindy kembali menyelesaikannya dengan sempurna. Tersinggung perlakuan dosen dan jadwal modeling yang kian padat, Cindy memilih keluar.

Orang mungkin lebih kenal Asia Carrera sebagai pemain lebih dari 250 film porno. Tapi tak banyak yang tahu ia bisa memainkan komposisi Bach dengan piano di usia 13 tahun. Dia mengambil studi ekonomi dan bahasa jepang di Rutgers. IQ-nya 156 dan merupakan 2 persen orang terjenius di dunia. Sekarang ia me-maintain situs pribadinya sendiri dan menghabiskan waktu luangnya bermain Unreal Tournament atau main saham (day trading).

Dan bahkan Marilyn Monroe, yang lebih dikenal sebagai icon seks sepanjang masa, mengoleksi lebih dari 200 buku, hobi mendengarkan Beethoven, dan sempat mengambil literature courses di UCLA. Kabarnya ia juga pernah mengambil kelas theater arts di NYU. Bukti bahwa seleb tak cuma modal tampang (dan badan)—-tapi juga otak yang cemerlang.

Bagaimana di Indonesia? Ada yang bisa mengkonfirmasi/menambahkan?

15 April 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: