ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Mau Jalan Jalan Ke Pulau Sempu Malang?

Berangkat pada malam hari dari Surabaya dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam hingga empat jam untuk mencapai kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang. Perjalanan pada malam hari jelas lebih menghemat waktu, karena jalanan sepi.

Selepas Kota Malang dan melewati Kepanjen, jalan tidak terlalu lebar, dan mulai banyak daerah perladangan, serta sesekali melewati pedesaan yang tidak terlalu besar. Apalagi jika perjalanan pada malam hari bertepatan dengan bulan purnama akan lebih memberikan kesan keindahan tersendiri.

Mendekati Sendangbiru jalanan agak menyempit dan kemudian jalan aspal habis tepat di Pantai Sendangbiru. Jika membawa kendaraan sendiri bisa memarkirnya di pantai itu dan langsung membuka tenda di kawasan pantai yang penuh dengan perahu-perahu cadik kecil, perahu penumpang bermotor, dan kapal-kapal penangkap ikan. Dari Pantai sendang biru kita bisa menyewa kapal seharga 40rb (pulang-pergi) untuk menyeberangkan ke Pulau Sempu dengan kapasitas maksimal 15 Orang.

Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di segara anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang.

Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas,
laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar.

Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.

Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri.

Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing2 raksasa, sangat indah memang.

Mau tau tips biar nyaman ke pulau sempu ini dia

berhemat :
Jika uang mepet dan ingin pegi ke Sempu sebaiknya berangkat sore hari sekitar pukul 5 sore, diperkirakan memasuki kawasan sendang biru malam jam 21.00 dimana penjaga loket sudah kosong (otomatis ga bayar tiket masuk hehe). Disamping itu ijin ke Pos Penjaga untuk menyeberang ke pulau Sempu murah.. cuma Rp. 500 – Rp. 1000 Perak perorang. Menurut pengalaman dulu waktu ke Pulau Sempu siang hari dan menghadapi Pos Penjagaan yang semua anggotanya masih bertugas lengkap, mereka memberikan peraturan & larangan macam-macam yang UUD (ujung-ujungnya duit) dengan dalih Sempu adalah cagar alam, gak boleh dibuat camping kecuali penelitian, takut kotor dan semua itu bisa ditebus dengan membeli ijin masuk ber-materai yg besarnya sekitar 15-20rb perorang.

naik angkot :
Surabaya-Arjosari (Bus) –> Arjosari-Gadang (Bemo/Angkot) –> Gadang-Turen (Bemo), Turen-Sendang Biru (Colt) –> Sendang Biru-Sempu (Perahu).
note: – kalo org lebih dr 10, mending carter colt dr gadang/arjosari lsg ke s’biru, akan lebih efisien di waktu dan tenaga, beda uang tipis aja. sekitar 150rb-200 sewanya.
– biasanya sih nyebrang pake kapalnya ‘Pak Anuari’ Salah satu nelayan ikan yang cukup dikenal di daerah situ. Berkat bapak satu ini dulu Petugas Pos Penjagaan segan menarik duit banyak2… rupanya dia sudah dapet jatah sogokan dari nelayan2 kampung.

Survive sambil menikmati alam :
Disarankan membawa syrup/nutrisari/norit dan kondom. Kondom dapat berfungsi untuk tempat air (dalam keadaan urgent) dan bisa menampung sekitar 1 liter air, sedang norit untuk menetralisir racun dalam air, syrup/nutrisari sebagai penambah glukosa untuk stamina tubuh. Menurut pengalaman dulu di Pulau Sempu sempat kehabisan air padhal masih ada 1 malam satu-satunya cara harus survival.
– Tebing2 di Pulau Sempu menetesakan air tawar murni yang berasal dari akar tanaman yg tumbuh diatasnya, bisa ditampung di botol Aqua (hati-hati dicuri kera).
– PAL ke 13 belok kiri (dari arah segara anakan) ada kubangan sumber air, biasanya hewan kecil2 berkumpul disitu untuk minum, air diendapkan dahulu beberapa saat sampai kotoran mengendap kemudian bisa direbus atau diminum langsung setelah di netralisir. Saat musim penghujan air berbau/berasa tanah.
– Botol Aqua besar yang kosong dapat dimanfaatkan menjadi pelampung tangan saat berenang di segara anakan di daerah yg agak dalam. Karena semakin ke tengah Kondisi Bawah laut semakin bagus, penuh dengan ratusan gerombolan ikan terbang kdang menabrak kaki2 kita saat mengayuh dan karang2 berwarna-warni (yg ini sudah pernah dipraktekan … dengan 4 botol aqua bisa mengantarkan sampai menyeberang segara anakan dengan selamat –> dalam hal ini kreativitas nomor satu hehe).

wisata :
Di Pulau Sempu ada 3 tempat (setahuku) yang biasa dikunjungi yakni
– Segara Anakan (sudah diulas diatas)
– Waru-waru Pantai kecil di pinggiran pesisir Pulau sempu (buat ngecamp dll) berhadapan dengan pulau Jawa)
– Telaga Lele, sumber air tawar bagi para ‘tukang mancing’

hidup nikmat :
Kalo pingin hidup enak di Sempu peralatan ini musti wajib dibawa : senter/api trus ransum, obat, parang/pisau. tiker, jas hujan, plus rokok, cimenk, kartu, catur dll u/ menghabiskan waktu nyantai2 dan jangan lupa peralatan memasak dan makanan selain MIE INSTANT !!

27 July 2009 - Posted by | Uncategorized

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: