ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal di Asia

Bertahun-tahun Jepang mendapat julukan “Kehormatan” sebagai Negara dengan kota-kota termahal di Asia. Namun, berkat merosotnya nilai tukar dollar AS dan naiknya mata uang asia, Tokyo bukan lagi kota paling mahal di asia. Menurut ECA international, firma konsultan di London, seoul telah merebut “mahkota” kota termahal dari Tokyo sejak 3 tahun terakhir. Itu terjadi karena apresiasi nilai won sudah naik 13% terhadap dollar AS dalam 4 tahun terakhir. “Biaya hidup di ibukota korea selatan itu hampir 10% lebih mahal dibanding Tokyo”,kata Lee Quane, General Manager ECA untuk Hongkong.

Namun para pelancong yang ingin berhemat tak perlu buru-buru memoles kemampuan bahasa jepang mereka. Tokyo, yokohama dan kobe hanya kalah tipis dari seoul dalam daftar kota-kota mahal. Sementara itu, kota-kota asia lain ternyata juga mulai mengejar , contohnya Beijing dan Shanghai. Keduanya mulai naik peringkat dengan cepat ketika pemerintahan China akhirnya mengizinkan mata uangnya, Yuan, dipatok berdasarkan dollar AS. Singapura juga makin mahal. Lalu, apa kabar baiknya? Bangalore, sentra alih kerja India itu menduduki no. 19 dalam daftar ECA. Dan, untuk tempat paling murah? Ulan Bator, ibukota Mongolia-lah tempatnya.
Berikut ini adalah beberapa kota termahal versi tabloid BusinessWeek :

1. Seoul
Dari 20 kota yang disurvei ECA, ibukota korea selatan ini paling mahal di asia. Mungkin kota ini akan tetap menjadi yang termahal hingga beberapa tahun kedepan. Dengan boom ekspor dan tekanan inflasi yang meningkat, Bank of Korea telah membuat tingkat suku bunga mencapai level tertinggai dalam 6 tahun terakhir. Ini membuat apresiasi won bisa makin tinggi lagi.

Harga tiket nonton film : $ 8,67
Harga makan siang sederhana : $ 18,09
Harga mesin cuci : $ 1096,82
Harga 1 kg beras : $ 5,07
Harga sekaleng minuman ringan : $ 1,07

2. Tokyo
Tak mengherankan bahwa orang-orang asing di Tokyo sering kaget ketika melihat label harga barang. Tiket menonton film saja bisa mencapai $ 15. Bagaimana jika sedang ngebet ingin makan Domino’s Pizza dengan sosis dan jamur? Anda harus menyiapkan uang sebesar $25.

Harga tiket nonton film : $ 14,59
Harga makan siang sederhana : $ 12,62
Harga mesin cuci : $ 839,92
Harga 1 kg beras : $ 6,10
Harga sekaleng minuman ringan : $ 1,35

3. Yokohama
Sebagai kota pelabuhan yang dekat dengan ibukota Jepang, Yokohama bagi Tokyo tak ubahnya Newark bagi New York atau Oakland bagi San Francisco. Meski sangat kalah glamor dibanding Tokyo, Yokohama masih menjadi kota termahal ke- 3 di asia. Nyatanya, dengan yen Jepang menguat 3.5% terhadap dollar AS, harga tetap tidak menjadi lebih terjangkau.

Harga tiket nonton film : $ 14,80
Harga makan siang sederhana : $ 12,5
Harga mesin cuci : $ 771,80
Harga 1 kg beras : $ 5,36
Harga sekaleng minuman ringan : $ 1,42

4. Kobe
Kota di Kansai, atau bagian barat Jepang ini terkenal di seantero dunia karena daging Kobe yang terkenal ( dan juga termahal ). Gempa bumi terparah di Jepang dalam beberapa dekade ini sempat merusak Kobe pada 1995. Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter itu menghancurkan bangunan-bangunan di kota pelabuhan tersebut.

Harga tiket nonton film : $ 15,01
Harga makan siang sederhana : $ 11,26
Harga mesin cuci : $ 665,31
Harga 1 kg beras : $ 5,05
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,83

5. Hongkong
Selain harga makanan tinggi, para ekspatriat di Hong Kong juga dipusingkan dengan harga sewa yang termasuk paling mengerikan di dunia. Namun demikian,, daftar tunggu di sekolah-sekolah international masih cukup panjang. Salah satunya disebabkan banyak perusahaan mengirimkan pegawai yang masih punya anak kecil ke kota itu. Perusahaan-perusahaan multinasional bersaing keras mencari ruang kantor di gedung-gedung pencakar langit seperti menara IFC baru di Central.

Harga tiket nonton film : $ 8,64
Harga makan siang sederhana : $ 12,43
Harga mesin cuci : $ 531,48
Harga 1 kg beras : $ 1,70
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,83

6. Taipei
Selama berpuluh tahun, pemerintah Taiwan tak banyak memerhatikan ibu kotanya yang kumuh, yang semestinya hanya menjadi rumah sementara bagi kaum Nasionalis sebelum menaklukkan kembali China Daratan. Kini, di Taipei terdapat sejumlah distrik hiburan paling mewah di Asia segaligus gedung tertinggi di dunia, Menara Taipei 101 (one o one).

Harga tiket nonton film : $ 8,35
Harga makan siang sederhana : $ 9,65
Harga mesin cuci : $ 852,91
Harga 1 kg beras : $ 2,34
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,81

7. Beijing
Mata uang China yang menguat 7% atas dollar AS dalam empat tahun terakhir membuat Beijing dan kota-kota China lain menjadi lebih mahal bagi orang AS. Dengan adanya Olimpiade 2008, Beijing telah melakukan renovasi besar-besaran. Bahkan, bangunan-bangunan tua di tengah kota dekat Lapangan Tiananmen pun tak luput dari terjangan buldoser.

Harga tiket nonton film : $ 8,39
Harga makan siang sederhana : $ 14,78
Harga mesin cuci : $ 627,81
Harga 1 kg beras : $ 2,38
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,67

8. Shanghai
Apresiasi yuan membuat biaya hidup menjadi lebih mahal bagi para ekspatriat di sentra komersial China tersebut. Lebih dari 150 perusahaan multinasional telah mendirikan kantor pusat regional di distrik-distrik seperti Pudong. Ini berdampak pada makin tingginya biaya perumahan. Kota tersebut mengaku mempunyai bar-bar dan restoran-restoran termahal di negara itu.

Harga tiket nonton film : $ 9,06
Harga makan siang sederhana : $ 13,48
Harga mesin cuci : $ 564,28
Harga 1 kg beras : $ 2,08
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,6

9. Singapura
Kenaikan pajak penjualan baru-baru ini (menjadi 7% dari sebelumnya 5%) akan membuat Negara kota itu makin mahal bagi ekspatriat. Tetapi Singapura masih tak semahal rival utamanya, Hongkong. Pemerintah Negara itu berniat menghapuskan citra Singapura sebagai tempat yang membosankan. Kompleks seni budaya Esplanade berbentuk unik yang dibuka pada 2002 berperan penting dalam rencana tersebut.

Harga tiket nonton film : $ 5,78
Harga makan siang sederhana : $ 11,44
Harga mesin cuci : $ 427,13
Harga 1 kg beras : $ 1,61
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,81

10. Jakarta
Satu dasawarsa setelah krisis finansial melanda Asia, perekonomian Indonesia tumbuh berkat naiknya permintaan local, seperti penjualan mobil meningkat 32% dalam paruh pertama tahun ini. Namun, inflasi menjadi batu sandungan. Harga barang naik lebih dari 6% dalam periode yang sama disbanding tahun sebelumnya. Di kawasan Asia, mata uang Indonesia berkinerja paling buruk. Tahun 2007 nilai rupiah turun sebesar 3,4%.

Harga tiket nonton film : $ 6,29
Harga makan siang sederhana : $ 11,57
Harga mesin cuci : $ 661,76
Harga 1 kg beras : $ 2,30
Harga sekaleng minuman ringan : $ 0,91

13 October 2009 - Posted by | Profit

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: