ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Penyebab Kerusakan Pada Ban Kendaraan

Ban motor cepat rusak dikarenakan dua hal. Pertama, karena penjahat dengan ulahnya yang menyebar “ranjau” berupa paku atau benda tajam lainnya yang marak belakangan ini. Kedua, karena kecerobohan pemilik kendaraannya sendiri.

Kecerobohan tersebut di antaranya cara berkendara yang jorok seperti sering menghajar lubang atau menabrak benda keras. Kemudian, tidak memperhatikan kondisi komponen yang berkaitan dengan ban. Misalnya, membiarkan tekanan angin kurang atau sering membawa beban yang berlebihan.

Dorari, spesialis OEM tire PT Gjah Tunggal – produsen ban IRC memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban disertai penyebabnya.
Akibat terlalu lama disimpan atau motor menganggur, permukaan ban retak

Pertama, ban sobek akibat kurang tekanan angin lantas menghajar lubang atau menyeret benda tajam (ranjau) cukup jauh. Jika pakai ban dalam, sobek kecil tidak bikin ban kempis.

Kedua, ban benjol. Menandakan benang konstruksi di dinding putus. “Biasanya bagian samping membentur trotoar. “Kalau benjol di tengah lantaran kondisi suspensi mati, sehingga ban dibiarkan menahan beban berat kendaraan plus pengnendara dan penumpang,”ungkap Dorari.

Ketiga, kembang ban termakan sebelah. Penyebabnya, beberapa kemungkinan seperti kondisi pelek sudah tidak balance. Kalau menggunakan jari-jari, saran Dorari disetel ulang. Kemungkinan lain, volume sok sudah tidak seimbang. Dampaknya, “kerja suspensi pun jadi tidak sama,” sebut Udin, kepala mekanik Clara Motor, dealer Honda.

Perhatikan 4 angka pada dinding ban. Dua angka awal menunjukkan diproduksi minggu keempat. Sedang dua angka terakhir dibuat tahun 2009

Faktor penyebab lain,bushing swing arm sudah aus, sehingga posisi roda oblak dan bikin ban tidak rata menapak ke permukaan jalan.

Keempat, retak-retak karena terlalu lama disimpan sehingga membuat elestisitasnya berkurang. Lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. Dua angka awal pertanda minggu produksi (bisa minggu pertama, kedua dan seterusnya), sedang dua angka di belakang menandakan tahun produksi.

Nah, dengan informasi ini, semoga pemakaian ban motor Anda bisa lebih lama.

14 October 2009 - Posted by | Teknologi

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: