ADITCJ

Copas-an Dari Forum-Forum

Remaja Perempuan Lebih Cendrung Suicidel

Ini emang bener, karena adik perempuan ane pernah coba bunuh diri. Padahal sebenernya gak ada permasalahan apa-apa.

Kepala Bagian/SMF Psikiatri Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, dr I Nyoman Ratep, mengatakan pihaknya dalam satu hari rata-rata merawat dua remaja yang mencoba melakukan tindakan bunuh diri.

“Pasien yang berperilaku seperti itu adalah remaja putri. Wanita cenderung merasa lebih lemah dan tidak mampu menyakiti orang lain. Mereka akhirnya menyakiti dirinya sendiri,” kata I Nyoman Ratep di Denpasar, Bali, Jumat (18/2).

Ratep mengatakan kasus-kasus yang ditanganinya itu didominasi pasien berusia remaja. Hal itu bisa terjadi karena stadium perkembangan remaja memang paling riskan dan labil. Selain itu, mereka masih dalam upaya penemuan jati diri dengan cara melakukan sesuatu yang dilarang karena rasa ingin tahu untuk mencoba.

Mengenai jumlah kasus secara keseluruhan, pihaknya sejauh ini belum memegang datanya. Sebab, masih dilakukan rekapitulasi.

Pada kasus percobaan bunuh diri, Ratep menilai tidak semua pelaku memang benar-benar berniat mengakhiri hidupnya. Karena, sebagian di antaranya melakukan hal itu untuk mencari perhatian. Kesimpulan itu, katanya, berdasarkan beberapa kasus percobaan bunuh diri yang dilakukan remaja dengan cara meminum obat nyamuk.

Ketika menanyakan kepada para pelaku mengenai motif tindakan bunuh dirinya, sebagian besar mengakui perilakunya itu sebagai tindakan bermotif cari perhatian. “Selain mencari perhatian, banyak kasus terjadi akibat adanya masalah pribadi ataupun terkait hubungan interpersonal, baik dengan teman maupun pacar,” ujar Ratep.

Salah satu anjuran yang harus dilakukan jika sedang bermasalah adalah menceritakan permasalahan tersebut kepada orang yang dipercaya untuk mengurangi beban. Namun, lanjut Ratep, hal itu harus diimbangi sikap wajar dari orang yang menjadi tempat curahan hati atau konseling melalui kemampuannya menunjukkan rasa empati dan memberikan semangat hidup yang baik.

21 February 2011 - Posted by | Spiritual

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s